Tips Mengemudi Aman Untuk Cewek


Hi ladies! Akhir-akhir ini banyak kecelakaan maut yang melibatkan. Masih ingat 2 kecelakaan yang sempat menghebohkan ibukota? Kecelakaan di Tugu Tani dan Bundaran HI. Belum lagi maraknya kasus kejahatan dengan menyasar para wanita sebagai korban. Dengan banyaknya peristiwa tersebut, Kusukasuka akan memberikan para ladies tips aman untuk berkendara.

1. Amankan barang-barang dalam kabin. Kadang-kadang kita suka menggantung baju di pintu, menaruh dompet atau kacamata di dashboard, dan barang-barang lainnya.Selain bisa menggangu pandangan pengemudi, barang-barang yang tidak diamankan bisa mengganggu perhatian mengemudi.

2. Jaga jarak aman dari mobil di depan kmau sejauh 2 detik. Jika mobil di depan melewati suatu ‘tanda batas’ atau patok, hitunglah 2 detik (1.2.) dan kamu juga harus melewati tanda batas atau patok tersebut. Jika patok tersebut terlewati sebelum kamu selesai menghitung 2 detik maka jarak kamu terlalu dekat dengan mobil di depan. Dalam keadaan hujan atau mengendarakan kendaraan yang besar, kita menggunakan hitungan 4 detik (1.2.3.4.), karena mobil membutuhkan waktu lebih banyak untuk berhenti.

3. Jangan mengemudi dalam keadaan mengantuk atau mabuk. Sudah banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan karena pengemudi yang mengantuk atau mabuk. Hal tersebut sangat menurunkan kemampuan mengemudi dan konsentrasi, selain itu persepsi akan ruang dan waktu menjadi kacau. Mobil yang dikira masih 100 meter ternyata sudah 10 meter di depan. Lebih baik telpon keluarga, teman, atau pacar untuk mengantar pulang. Pasti banyak cowok yang mau mengantarkan.

4. Usahakan untuk tidak keluar sendiri apalagi di malam hari. Beberapa pelaku tindak kejahatan menargetkan cewek sebagai korban. Berkendara sendiri hanya akan meningkatkan risiko. Ajaklah teman yang mau nebeng. Selain lebih aman, kita juga mengurangi polusi.

5. Untuk pengendara motor, jangan taruh tas cangklong di pundak. Taruhlah di depan, di antara kaki. Sering muncul di koran atau televisi berita penjambretan di atas motor. Tak jarang korban terpelanting karena tas langsung ditarik dari pundak. Beberapa kali bahkan tangan sampai putus karena lengan di-bacok begitu saja untuk menggaet tas.

6. Satu lagi yang penting. Lupakan HP waktu berkendara. Tidak ada salahnya menunda membuka BBM, update status, SMS-an untuk 15-30 menit saja. Orang tersayang kamu lebih suka mendapatkan sms yang tertunda daripada mendapatkan berita kecelakaanmu.

| Sumber |

No comments:

Post a Comment