PENYEBAB SUSAHNYA EVAKUASI KAPAL CONCORDIA ITALIA | Kurangnya Alat Evakuasi Menjadi Kendala Besar.

FOTO PENYEBAB SUSAHNYA EVAKUASI KAPAL CONCORDIA ITALIAPENYEBAB SUSAHNYA EVAKUASI KAPAL CONCORDIA ITALIA | Kurangnya Alat Evakuasi Menjadi Kendala Besar.   Kapal pesiar mewah Costa Concordia Stricken mungkin mampu menampung ribuan penumpang dan awak kapal, kolam renang, ataupun restoran. Namun, ukurannya yang sangat besar membuat rumit upaya evakuasi dan penyelamatan, demikian pakar industri mengatakan. Lihat KAPTEN KAPAL PESIAR CONCORDIA DI CAP PENGECUT DAN AKHIRNYA DI TAHAN| Ancaman Hukuman 12 Tahun Siap Menanti. dan VIDEO KRONOLOGIS TRAGEDI KAPAL CONCORDIA TENGGELAM [YOUTUBE] Penyelamatan Korban Kapal Concordia. 
"Yang saya pikirkan adalah ukuran kapal ini," kata Jacques Loiseau, Ketua Asosiasi Kapten Kapal Perancis (AFCAN). Asosiasi tersebut rutin mengingatkan soal bahaya yang ditimbulkan oleh kapal-kapal pesiar yang ukurannya semakin besar. "Bahkan, dalam kondisi terbaik pun, dengan kapal seukuran itu, Anda tidak akan pernah mampu menyelamatkan semua orang."

Berukuran panjang 290 meter dan lebar 38 meter, Costa Concordia membawa hingga 4.200 penumpang dan awak ketika menabrak karang tak jauh dari Pulau Giglio, Tuscan, Italia, Jumat (13/1/2012). Lima orang tewas dengan lebih dari selusin lainnya masih hilang dalam kecelakaan itu.

Namun, Costa Concordia bukanlah kapal pesiar terbesar yang pernah digunakan. Beberapa kapal lain bahkan mampu membawa hingga 6.000 penumpang dan 2.000 awak.

Ketika perusahaan pengelola kapal pesiar berlomba mengoperasikan kapal yang lebih besar agar bisa menampung lebih banyak penumpang, pihak berwenang pun semakin khawatir.

"Makin banyaknya penumpang yang diangkut oleh kapal-kapal itu menimbulkan kendala dalam hal keselamatan dan keamanan," Forum Pengawas Pantai Atlantik Utara menyatakan dalam sebuah dokumen yang dirilis selama simulasi penyelamatan.

Forum yang beranggotakan 20 negara itu menyatakan, dalam kasus kecelakaan yang menimpa kapal pesiar, "evakuasi dan pemulihan penumpang akan menjadi operasi yang sangat kompeks dan risiko korban jiwa yang sangat signifikan".

"Dalam kasus darurat, sulit bagi sebuah negara untuk menyediakan semua alat keamanan dengan cepat dan latihan secara internasional tidak boleh diabaikan," demikian forum tersebut.

Dalam sebuah latihan yang dilakukan pada September lalu, forum tersebut membuat simulasi kebakaran di sebuah kapal berukuran raksasa yang membawa 5.000 penumpang di antara perairan timur laut Perancis dan pelabuhan Inggris. Yang terlihat jelas saat itu adalah kompleksitas dari evakuasi ribuan orang di tengah laut.

"Di laut, kami bisa mengevakuasi sepuluh hingga dua puluh orang dengan helikopter," kata seorang pejabat kelautan Atlantik.

"Akan tetapi, (evakuasi dengan helikopter) 2.000 atau 3.000 penumpang tidak memungkinkan," ujar mereka.

Perbedaan bahasa dan budaya dari ribuan penumpang itu juga bisa menjadi kesulitan tersendiri. "Hal itu (bahasa) bisa menjadi hal yang menentukan di saat-saat penting. Banyak latihan diperlukan untuk mengatasi kendala ini karena kepanikan bisa menghambat komunikasi," kata Jacques Loiseau.

"Perintah harus disampaikan berulang-ulang dalam beberapa bahasa yang digunakan para penumpang dan di antara awak. Kami sering mengalami kesulitan menemukan kata yang tepat di situasi semacam itu," lanjut Loiseau.

Ketika kecelakaan terjadi, Costa Concordia membawa penumpang dari 60 negara.
Kompas.com

PENYEBAB SUSAHNYA EVAKUASI KAPAL CONCORDIA ITALIA, Kurangnya Alat Evakuasi Menjadi Kendala Besar,  Foto Evakuasi Korban Kapal Pesiar Concordia Italia, Video Tenggelamnya Kapal Pesiar Concordia 2012, Video Evakuasi Korban Kapal Pesiar Concordia Italia, Youtube Evakuasi Korban Kapal Pesiar Concordia Italia, Korban Kapal Pesiar Concordia Italia

No comments:

Post a Comment