EFEK NEGATIF BEKERJA DI RUANGAN SEMPIT | Kretivitas Menjadi Berkurang.

EFEK NEGATIF BEKERJA DI RUANGAN SEMPIT | Kretivitas Menjadi Berkurang. Lingkungan kerja yang kondusif tentu meningkatkan produktifitas karyawan. Penelitian menemukan kantor yang sempit dapat melumpuhkan kreativitas karyawan. Artinya, ide-ide kreatif dan inspirasi untuk terus berkarya dari para karyawan juga ikut surut.Lihat BOCORAN HARGA DISKON BESAR IPHONE 4S UNTUK INDONESIA | Telkomsel Membandrol Sampai 9,9 Juta. dan CARA BANGUN CITRA DIRI ANAK DARI DINI | Orang Tua Punya Tanggung Jawab Besar Dalam Hal Ini.


Para ilmuwan dari Cina dan AS melakukan percobaan dengan cara melihat relawan yang duduk di dalam atau di luar kotak kardus berukuran 1,5 meter dengan tinggi 1,5 meter. Relawan yang duduk di luar kotak, dalam lingkungan yang lebih sejuk dan lebih bebas ternyata lebih terstimulus untuk berpikir kreatif.

Peneliti memastikan bahwa lingkungan di dalam maupun di luar kotak adalah identik dan peserta yang berada di dalam kotak tidak merasa sesak. Relawan tersebut kemudian diberikan dua tugas yang dirancang untuk mengukur kreativitasnya, seperti menempatkan kembali dua bagian dari potongan tatakan gelas minuman secara bersama-sama.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science menjelaskan bahwa orang-orang yang berada di luar kotak secara konsisten cenderung berhasil menyelesaikan tugasnya dan menunjukkan bahwa mereka lebih kreatif pemikirannya.

Penelitian sebelumnya juga telah menemukan bahwa berjalan bebas membantu menghasilkan ide-ide lebih banyak daripada ketika orang diminta berjalan dalam garis lurus.

"Kreativitas adalah keterampilan yang sangat dicari. Peribahasa berpikir kreatif sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Percobaan kami menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa berpikir kreatif diaktifkan oleh proses psikologis yang kondusif untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang sebelumnya tidak diketahui," kata Dr Angela Leung dari Singapore Management University seperti dilansir Telegraph, Jumat (27/1/2012).

Tes dalam penelitian ini didasarkan pada konsep bahwa orang yang dapat menempatkan dua hal bersama-sama menunjukkan lebih mampu berpikir konvergen, komponen kreativitas yang membutuhkan kemampuan untuk menyatukan banyak kemungkinan jawaban untuk menetapkan satu pilihan kemungkinan yang paling efektif.

Dapat berjalan santai atau bebas mondar-mandir dapat membantu pola pikir memecahkan masalah. Penelitian ini menyarankan agar menjauhi bilik kantor yang kecil dan menciptakan ruang-ruang kantor terbuka untuk membebaskan pikiran.
kompas.com

EFEK NEGATIF BEKERJA DI RUANGAN SEMPIT | Kretivitas Menjadi Berkurang. Tips Kesehatan Bekerja Di Ruanagan Sempit. Cara Mengembangkan Kreativitas.

No comments:

Post a Comment